11 Agustus 2008

Forum konsultasi

Bagi anda yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut dapat menuliskanya pada posting komentar atau via E-Mail




65 komentar:

Merly mengatakan...

dok,gigi saya banyak lubang halusnya..berantakan juga setelah gigi geraham belakang saya tumbuh. saya mau pasang kawat gigi dok, tlg ceritakan dok bagaimana proses kawat gigi saya nanti? apakah gigi geraham saya nantinya dicabut dok?

Anonim mengatakan...

saya lala.dok, sekarang usia saya 20 tahun.waktu usia 15 tahun saya jatuh dari motor dan gigi 1.1 patah.sudah ditambal.sejak awal (sebelum jatuh) gigi saya keliatan maju ,apalagi kalo senyum.saya bisa pake kawat gigi ga dok?mengingat ada tambalan di gigi depan saya.makasih dok.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk lala. Gigi yang di tambal tidak masalah apabila di pasang kawat gigi

Anonim mengatakan...

saya lala lagi dok.dengar2 bahan tambal itu punya batas maksimum tekanan.tambalannya ga akan lepas kalo dipasang kawat dok?katanya kalau pakai kawat giginya ditekan2.terimakasih dok.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

tekanan yang dipakai pada perawatan orthodontic biasanya ringan. Asalkan kondisi tambalan bagus insyaAllah tidak lepas.

Anonim mengatakan...

dok, saya jauh di korea, baru ini sadar kalo gigi yg rata itu bagus. gigi saya tidak rata bagian atas, serinya dua. dikarenakan saya pernah jatuh , gig bawah saya agak renggang akibat saya waktu kecil suka nyelipkan koin. ditambah lagi muka saya simetris akibat jatuh dulu. sehingga saya tidak percaya diri. yg jadi pertanyaan saya. kalo pasang tooth brace apakah bisa membuat muka yg asimetris jadi simetris?gigi saya masih lengkap dan dalam kondisi bagus. mohon jawabannya. trim's

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Gigi yang renggang dapat dirawat dengan kawat gigi. Adapun muka yang terlihat asimetris karena trauma/kecelakaan biasanya dirawat dengan kawat gidi di kombinasi dengan perawatan bedah

Anonim mengatakan...

DOK, gigi saya sangat jelek keadaannya. 3 gigi depan saya di selanya terdapat lubang yang berwarna hitam (mungkin karies). bagaimana agar gigi saya bisa baik kembali dan kalaupun ada jalan keluarnya, kira-kira berapa biayanya? terimakasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Gigi depan yang rusak bisa di perbaiki dengan tambal gigi atau pembuatan mahkota porcelain (kalau kerusakanya parah sekali). Biaya tambal per gigi Rp. 150.000 , mahkota porcelain Rp. 850.000

Adie....the one and no other's mengatakan...

dok gigi geraham kanan setelah gigi taring berlubang, jika malam dan sehabis makan sakitnya itu di rahang dekat telinga , jika siang dan tidak pada posisi makan tidak sakit,itu sangat mengganggu saya kira2 bagaimana dok...sebelumnya saya tidak pernah sakit gigi apa seperti ini sakit gigi karena saya pegang tidak sakit, selanjutnya saya ada rencana pakai behel namun waktu saya masih kecil kata dokter gigi saya tdak bisa pakai behel karena yang maju rahangnya bukan giginya apa bener dok tidak bisa diperbaiki?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Sepertinya gigi anda mengalami infeksi yang sudah mengenai syaraf gigi dan sudah mulai menjalar ke jaringan penyangga gigi. saran saya, segera anda pergi ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan saluran akar untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Mengenai rahang yang maju pada batas-batas tertentu masih bisa di rawat dengan alat orthodontic, tapi apabila parah sekali biasanya dilakukan kombinasi dengan perawatan bedah

Anonim mengatakan...

Dok, saya berminat memasang mahkota porcelain. Kira-kira apa kelebihannya dan tahan berapa lama dok? Selain itu proses pemasangannya berapa hari? Mohon jawabannya dan Terima kasih.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Mahkota porcelain dari segi estetik sangat memuaskan terutama yang tipe All Porcelain. Ketahanan warna porcelain juga bagus bila dibandingkan dengan bahan akrilic. Porcelain dapat bertahan lama terutama tergantung kondisi gigi penyangganya (gigi yang di pasang porcelain). proses pembuatan membutuhkan waktu sekitar 4 hari

Anonim mengatakan...

dok, saya Ipul di Bandung.
mau nanya nih dok.
waktu saya umur 10 tahun saya jatuh dari sepeda.
dan saat ini saya (21 tahun) mempunyai gigi yang tidak rata yang menyamping. Maksudnya kedua taring gigi depan saya tidak masalah, tapi 3 gigi seri mulai dari kiri mulai maju sampai gigi seri berikutnya sehingga ada jarak sela antar gigi seri sekitar 1 cm.

Pertanyaannya Dok, apakah bisa rata klau saya pakai kwat gigi?
dan bagaimana kalau saya mencabut keempat gigi seri saya dan memakai gigi palsu saja, karena kebiasaan kopi dan rokok... gigi saya mulai pada hitam.
tolong beritahu biayanya juga..
Mohon jwabannya Dok, sayau tunggung. terimakasih.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

mas ipul sebaiknya dilakukan perawatan orthodontic, insya Allah giginya bisa rapi. tapi kalau kondisi giginya goyang / jaringan penyangga giginya tidak sehat dapat di cabut dan di buatkan gigi palsu. untuk biaya bisa dilihant di info biaya perawatan ( http://guswiyan.blogspot.com/2008/10/biaya-perawatan-gigi.html )

Anonim mengatakan...

Dok, saya ingin sekali merapikan gigi depan saya atas dan bawah, karena terdapat gingsul di gigi atas. Tetapi masalahnya adalah ada 1 gigi depan (sebelah taring) saya berlubang dan sudah ditambal. Apakah masih mungkin untuk dipasang kawat gigi?? Terima kasih.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

gigi yang sudah ditambal masih dapat dipasang kawat gigi

zvlfa mengatakan...

Dok, waktu saya berumur 15 thn pernah menggunakan kawat gigi dibagian atas.. karena gigi saya sangat tidak beraturan dan penuh, namun hasil nya kurang memuaskan, gigi saya terlihat lebih maju, setelah beberapa bln pelepasan kawat gigi, gigi saya kembali tidak beraturan. yg ingin saya tanyakan, kalau saya menggunakan kawat gigi kembali apakah gigi saya harus di cabut untuk mendapatkan hasil yg saya inginkan

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk zulfa, pencabutan gigi untuk perawatan orthodontic biasanya dilakukan untuk kondisi sebagai berikut:
1. selisih panjang lengkung yang ekstrim, maksudnya ukuran gigi jauh lebih besar dari lengkung rahang sehingga tidak cukup ruang untuk meratakan gigi. kalau dipaksakan tanpa pencabutan biasanya gigi akan relaps (kembali berjejal-jejal setelah diratakan)
2. protusi bimaksilar parah, cirinya pasien tidak dapat menutup bibirnya karena gigi depan inklinasinya terlalu jauh ke labial (mrongos)

debora mengatakan...

saya debora dok , gigi saya itu kan maju dan renggang , nah kalo saya pake kawat gigi , gigi saya harus di cabut ga ??? saya pingin kawat gigi permanen
terimakasih.
facebook:deboravlp@yahoo.co.id

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untk debora, untuk kasus gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan pencabutan. Tapi untuk memastikannya tentunya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Drg. Agus Wiyandono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan...

Asskum..dok,met kenal aq hastin. Mo nanya, di blog drg.agus ada statemen klo ada gigi sakit akut bisa langsng ditembel permanen, klo boleh teu caranya gmn ya dok?coz saya prnah sakit gigi,rasanya linu banget,ktnya dokter harus diobati dl nti seminggu la balik. Trimakash sblmnya.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk hastin:
gigi sakit bisa langsung ditambal permanent dengan cara dilakukan pengambilan syaraf pada pulpa gigi diikuti dengan pemberian obat untuk pulpotomi (catt: kusus gigi yang masih vital)setelah ditunggu beberapa saat dapat dilanjutkan dengan tembel permanent.

Anonim mengatakan...

Dok, saya Wati umur 21 tahun.
Gigi saya ada yang berlubang, kemudian timbul semacam bisul yang menggelembung dan mudah berdarah. Penanganannya bagaimana dok, apa perlu dicabut? Terimakasih.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk saudari wati, saya sarankan dilakukan perawatan saluran akar pada gigi tersebut dan untuk menutup lubangnya bisa memakai tambalan komposit, inlay, onlay atau mahkota selubung.

ceria penuh pesona mengatakan...

dok saya ida sya mw tanyak msalah gigi sya ...

.sya dlu hbis jatuh smpai gigi sya yg dpn patah sparuh &sekarang rasa nya ngiluh smpai tmbus k telinga rasa skit nya ....
>skrng ap yg harus sya lakukan??
>kira kira butuh brapa duit yg sya kluarkkan .sya tunggu jwban.nya
.trimakasi

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk ceria
gigi yang ngilu karena patah dapat di rawat dengan perawatan saluran akar. setelah sembuh/hilang rasa sakitnya bisa dibuatkan mahkota porc + pasak untuk memperbaiki bentuk gigi yang patah tersebut. biaya yang dibutuhkan 1.750.000,-

Anonim mengatakan...

Dok, sy mau tnya masalah gigi sy. Dulu diantara gigi seri sy renggang, kemudian di renggangan tsb tumbuh gigi kecil ky taring & skrg gigi kecil ini sgt mengganggu penampilan sy. Apa kira2 keadaan ini bisa diperbaiki agar terlihat rapi spt gigi yg normal. Kira2 butuh biaya brp ya Dok? sy tggu jwbannya, trims..

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Gigi kecil yang tumbuh diantara gigi seri pertama dalam istilah kedokteran dinamakan mesiodens. perawatan untuk kasus tersebut adalah dengan mencabut gigi kecil (mesiodens) tersebut dan selanjutnya menutup renggang diantara gigi seri dengan perawatan orthodontic atau konservasi. untuk biaya anda bisa kontak langsung via telpon.

Resta Maulidina mengatakan...

nama saya dina,saya mau tanya tentang gigi saya dok' yg renggang pada bagian depan.
apakah harus dipasang behel,atw bagaimana dok ??'

Anonim mengatakan...

DOK, NAMA SAYA ZUHRI, MAU TANYA DOK, BIAYA NAMBAL GIGI DEPAN(SERI) BERAPA YA, SOALNYA GIGI DEPAN ANE ILANG SETENGAH,, MOHON DIJAAWAB DOK

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

gigi yang patah dan tinggal setengahnya sebaiknya dirawat dengan mahkota porcelain + pasak (biaya 2 jt), kalau dilakukan penambalan hasilnya kurang bagus karena lebih mudah lepas.

Anonim mengatakan...

dok saya doni , mau tanya , gigi seri saya patah sedikit ,kira - kira berapa ya dok biaya kalo mau tambal gigi tersebut ?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Biaya tambal gigi 175 rinu

Anonim mengatakan...

Dok nama saya andi, gigi seri saya patah sedikit... Terus udah saya tambal,udah lebih dari 3x dengan dokter yang sama tapi gampang sekali copot... Walaupun engga dipake makan sekalipun...
Kalau diratakan denan cara dipotong bisa ga yah dok? Dan apa efek sampingnya? Selain dipotong solusi yang baik menurut dokter apa? Yang tidak cepat copot.. Terimakasih dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk tambalan yang gampang lepas bisa dipertimbangkan diganti dengan mahkota selubung (crown) dari porcelain.

kuni munisa mengatakan...

dok saya mau nanya...
Kalau gigi yang ada plak nya atau tepatnya ada titik berwarna putih pada gigi bisa dihilangkan tidak ???
Selain dengan pemutihan gigi

Anonim mengatakan...

Dok saya agus 17 thn, gigi atas no2 dr blakang saya berlubang, 1bulan skali sakitnya kumat, hal sprti ini sbaiknya di cabut/ditambal dok? & kalo misal di cabut, kemungkinan tumbuh gigi lagi masih bisakah dok? Mkasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk saudara Agus
Gigi yang berlubang dan sakit sebaiknya dilakukan perawatan syaraf gigi dan selanjutnya ditambal. Pencabutan merupakan pilihan terakhir. Gigi geraham kedua dari belakang bila dicabut tidak akan tumbuh lagi.

Anonim mengatakan...

Dok, kalau pemutihan gigi biayanya berapa ya?
Terus teman saya cowok, mungkin karena keseringan merokok makanya gigi depannya (sekitar 4 mungkin) itu rusak dok. Giginya terdapat kuning-kuning di bagian atas, lubang hitamnya sangat banyak, ada 1 gigi paling depan yg patah tapi cuma dikit.
Nah apa gigi teman saya itu bisa ditambal dok? Biayanya berapa dan apa bisa permanen ya dok?
Terima kasih dok :)

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Biaya pemutihan gigi 2,5 jt. Untuk gigi depan yang rusak ada dua pilihan perawatan yaitu ditambal (biaya sekitar 175.000 ) atau di selubung dengan mahkota porcelain (biaya 1,5 jt) , mahkota All Porcelain (biaya 3 jt. )

Anonim mengatakan...

saya devina .. gigi saya patah dok .. gigi bawah saya juga ada plak berwarna coklat.. bgaimana solusinya.. dijawab dokk

Anonim mengatakan...

Dok, saya mau tanya untuk harga pemasangan pin saat ini brp? apakah masih 1,5jt?
Terima kasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

biaya pemasangan pin + porcelain fused to metal Rp. 2 jt per gigi

Anonim mengatakan...

dok gigi depan yang renggang bisa ditambal gak? berapa biayanya? makasih..

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Bisa, biayanya 300 ribu. dengan catatan rengganya tidak terlalu lebar (sekitar 2 mm).

Anonim mengatakan...

Permisi Pak Dokter
Nama saya putri 10 tahun, Mau tanya

Apa sih penyebabnya dari sakit gigi yang berlubang?
Kenapa bisa sakit?

Terima kasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk adik putri
Kondisi gigi yang berlubang membuat bakteri dapat masuk ke dalam ruang pulpa gigi dan menyebabkan peradangan di dalamnya. Ketika pula meradang akan meningkatkan tekanan dalam rongga pulpa, tekanan ini dapat mengenai saraf gigi dan jaringan di sekitarnya. tekanan dari peradangan ini dapat menimbulakan rasa sakit yang ringan sampai hebat, tergantung pada tingkat keparahan peradangan dan respon tubuh kita.

kiran gendut mengatakan...

dok, saya mau menanyakan gigi depan bagian atas saya ada yang berlubang. kalau untuk gigi depan atas sebaiknya apabila ditambal menggunakan bahan apa supaya tidak terlalu keliatan? ada bahayax g kalau karang gigi tidak dibersihkan itu?

Veniarulls mengatakan...

Dok saya nhay, 2 gigi depan saya rusak dan sudah pernh d tambal 3 thn yg lalu tapi skrg gigi nya malah jadi kuning dan bagian dalam nya agak hitam mungking sudah berlubang smpai di gusi. Kira2 bisa d tambal gak dok dan biayanya berapa ? Terimakasih.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk nhay
Gigi anda InsyaAllah masih bisa diperbaiki, bukan dengan tambalan tapi dengan mahkota porcelain. biaya antara 1,5 jt - 2 jt per gigi.

Anonim mengatakan...

dok saya arief, mau tanya kalo gigi seri ternyata ada patahan di dalam itu udah pasti harus dicabut ya? tidak ada penangan untuk sembuh? saya habis jatuh soalnya makasih dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk Arief,
gigi yang patah tidak harus dicabut. kalau sisa patahan cukup panjang dan tidak goyang bisa dilakukan pemasangan pasak dan pemasangan mahota dari porcelain

Anonim mengatakan...

dok,,,, saya kecelakan, gigi 1 gigi depan saya patah sedikit. apa bagus kalau dipotong dan diratakan dengan gigi yang lainnya? trz berapa bayarnya tu dok?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

gigi yang patah sedikit sebaiknya dilakukan penambalan gigi, bukan dipotong /diratakan. Biaya Rp. 150.000

Anonim mengatakan...

dok.. saya pian,,, berumur 30 tahun, gigi depan saya yang atas berlubang, jd sakit karena ada bengkak d pinggir giginya,, dan bau dok,,,
bagus nya di cabut atau di tambal dok dan biaya nya berapa dok?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk Pian,
Saya sarankan dilakukan perawatan saluran akar + tambal gigi. Biaya perawatan + tambal gigi Rp. 400.000,-

Arjun mengatakan...

Dok saya arjun,,
umur saya 17 th,dulu saya prnah mngalami kcelakaan dan 3 gigi depan saya patah setengah",saya prnah mnembelnya tapi seringkali lepas,,
apa yg harus saya lakukan dok supaya gigi saya tetap bagus prlu ditmbal atau gimana,,
saya mau cabut tapi takut'a gk tumbuh lagi,,¿soalnya saya mau daftar jadi TNI,saya takut kalau tdk lulus seleksi,,
gimana saran dari dokter supaya gigi saya bisa lulus dalam tes masuk TNI,,dan kira" biaya yg hrus saya kluarkn berapa¿

Irfan Prasetya mengatakan...

Dok saya irfan 19 tahun, gigi depan atas saya bolong sangat besar, apakah masih bisa ditambal? Terima kasih sebelumnya dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk arjun
gigi yang patah tidak perlu dicabut, cukup di sambung dengan pasak/pin + pemasangan mahkota dari porcelain. Biaya per gigi 2 juta (porcelain fused to metal) atau 3,5 jt (All porcelain)

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk Irfan
lubang yang besar pada gigi depan disarankan di rawat dengan mahkota porcelain

Decky Casaera mengatakan...

Dok Saya Doni,Usia Saya 21Thn.Seumur Hidup Saya Baru 1x Ke Dokter Gigi Yaitu Pada Umur 5 Tahun.Gigi Saya Sekarang Sangat Kotor Dan Warnanya Kuning,Serta Banyak Karang Gigi Di Bagian Belakang Gigi.Yg Mau Saya Tanyakan Apakah Dgn Membersihkan Karang Gigi Akan Merubah Warna Gigi Saya??Biaya Nya Kira2 Berapa?

Sekian Dari Saya ,Terima Kasih Banyak

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk decky
dengan membersihkan karang gigi akan membuat gigi bersih dan mengembalikan ke warna gigi aslinya, artinya kalau sebelumnya warna giginya putih maka hasilnya juga putih. Apabila warna gigi aslinya kekuningan maka setelah pembersihan gigi disarankan di lakukan bleaching. Untuk biaya silahkan kontak langsung lewat telp/email.
Salam, Drg. Agus W