31 Oktober 2008

Penanganan gigi lepas karena kecelakaan

Kalau gigi anda copot karena adanya suatau trauma, jangan keburu dibuang. Tips berikut dapat anda lakukan agar gigi yang terlepas bisa dikembalikan seperti sedia kala dengan catatan gigi yang terlepas kondisinya masih utuh. Ikuti tahap – tahap perawatan di bawah ini :


  1. Menjaga soket (tempat gigi yang lepas) tetap bersih dan jangan memasukan bahan apapun kedalan soket gigi (misal: betadine, alkohol, kapas dll).
  2. Kemudian pegang mahkota gigi ( bagian akar gigi tidak boleh dipegang ! ) dan gigi dibersihkan dengan cara mengguyur seluruh permukaan gigi dengan air mengalir, tidak boleh digosok !
  3. Segera gigi tersebut dimasukan kembali ke dalam soket gigi dan pergi ke dokter gigi untuk dilakukan fixasi
  4. Gigi tidak boleh ada diluar mulut lebih dari 1 jam !

Apabila gigi tidak dapat ditanam kembali pada tempatnya misal karena kondisi penderita lemah atau ketakutan atau sakit, maka anda harus menyimpan gigi yang terlepas tersebut di dalam mulut di bawah lidah atau pada vestibulum bukal sehingga tetap dibasahi oleh saliva (ludah) kemudian pergi ke dokter gigi agar dimasukan kembali pada tempatnya. Setelah tiba pada praktik dokter gigi, gigi yang telah ditanam kembali akan distabilkan dengan etsa asam+komposit atau kawat selama empat minggu.

_____________________________________________________________

Baca Juga :

Tidak ada komentar: