11 Agustus 2008

Forum konsultasi

Bagi anda yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut dapat menuliskanya pada posting komentar atau via E-Mail




260 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   201 – 260 dari 260
Ade Melisa mengatakan...

Assalamualaikum, dok saya mau tanya, saya sebelumnya habis kecelakaan sepeda motor dan dua gigi bagian depan saya patah. Satu patah 3/4 gigi dan yang satunya patah ujungnya, sudah ditambal tapi ternyata hasilnya kurang bagus agak sedikit panjang sehingga ketika mengunyah tidak nyaman dan juga giginya menyentuh bibir, pertanyaan saya bisakan gigi hasil tambalan dipotong/ dipangur sedikit? Karena saya takut tambalannya akan rusak kembali dok. Makasih dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk ade melisa
Hasil tambalan yang terlalu tebal memang membuat tidak nyaman untuk mengunyah, namun tidak sulit untuk memperbaikinya. Dokter akan melihat bagian mana yang terlalu tebal kemudian akan mengurangi bagian tersebut dan memulasnya agar permukaan tambalan halus sehingga makanan tidak mudah menempel

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk ade melisa
Hasil tambalan yang terlalu tebal memang membuat tidak nyaman untuk mengunyah, namun tidak sulit untuk memperbaikinya. Dokter akan melihat bagian mana yang terlalu tebal kemudian akan mengurangi bagian tersebut dan memulasnya agar permukaan tambalan halus sehingga makanan tidak mudah menempel

diah ayu mengatakan...

Salam kenal dokter.. saya ayu... Sayu baru saja jatuh dari motor dan gigi depan saya patah setengah... Apa yang harus saya lakukan ? Dan berapa biayanya dok ?? Kelemahan dan kelebihannya juga.. Mohon tanggapannya dok.. Terima kasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk ayu
Gigi yang patah setengahnya bisa diperbaiki dengan pemasangan pasak & mahkota porcelain. Hasilnya insha Allah memuaskan. Biaya sekitar 2-3 jutaan
Drg. Agus W

Anonim mengatakan...

Dok saya arfa, Sy mau tanya , untuk pemasangan behel,brp sekarang?
Thx

riana setiani mengatakan...

Dok. Saya fia. Gigi depan atas saya tidak rata dok. Maju mundur. Ada 1 gigi depan atas yang besar dan maju lalu dua disebelah kanan dan kirinya sama sama mundur. Selain pasang kawat apakah bisa ditembel dok?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk fia
Kalau bisa giginya di foto dan kirim ke drg.agusw@yahoo.com. jadi saya memberi saran yang tepat untuk masalah gigi fia
Drg.agus wiyandono

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mosdalifah Sumenep mengatakan...

dok ..gigi seri paling depan saya agak panjang dan besar,bentuknya tidak lurus.dan maju...sedangkan gigi disampingnya besar..sehingga gigi seri depan saya ga bisa mundur....kira" apa yg harus saya lakukan?dan apakah saya harus memotong samping gigi seri saya? dan bagaimana jika menggunakan behel?apa akan bertambah panjangnya? terimakasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mosdalifah
Pada dasarnya gigi yang salah posisi bisa dirawat dengan alat orthodontia, tetapi gigi yang salah anatominya (bentuk dan ukuran tidak normal) dirawat dengan antara lain veneer atau mahkota selubung. Bisa juga masalah mosdalifah dirawat dengan kombinasi keduanya yaitu pemakaian alat orthodontia dan veneer/ mahkota selubung. Kalau ada photo giginya insha Allah saya bisa memberi saran dengan lebih baik.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mosdalifah
Pada dasarnya gigi yang salah posisi bisa dirawat dengan alat orthodontia, tetapi gigi yang salah anatominya (bentuk dan ukuran tidak normal) dirawat dengan antara lain veneer atau mahkota selubung. Bisa juga masalah mosdalifah dirawat dengan kombinasi keduanya yaitu pemakaian alat orthodontia dan veneer/ mahkota selubung. Kalau ada photo giginya insha Allah saya bisa memberi saran dengan lebih baik.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mosdalifah
Pada dasarnya gigi yang salah posisi bisa dirawat dengan alat orthodontia, tetapi gigi yang salah anatominya (bentuk dan ukuran tidak normal) dirawat dengan antara lain veneer atau mahkota selubung. Bisa juga masalah mosdalifah dirawat dengan kombinasi keduanya yaitu pemakaian alat orthodontia dan veneer/ mahkota selubung. Kalau ada photo giginya insha Allah saya bisa memberi saran dengan lebih baik.

phiita yusuf mengatakan...

Dok saya pita, mau nanya. Gigi depan atas bagian belakangnya berlubang dan keliatan agak hitam. Itu gimana ya dok apa ditambal atau bagaimana? Kira-kira berapa biayanya?
Terima kasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk phita
Sebaiknya di tambal saja. Untuk biaya tergantung kondisi giginya, apakah perlu perawatan terlebih dahulu atau tidak.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Meti Nara mengatakan...

Selamat siang dok, sya mau tanya gigi saya patah sedikit bagian depan dan masih terasa ngilu pasca kecelakaan lalu agar terlihat utuh dan tdk ngilu lgi gmana caranya dok? Dan biayanya brapa? Ditunggu jawabannya dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mengobati rasa ngilu bisa dilakukan perawatan syaraf gigi dan gigi di bentuk kembali agar terlihat normal dengan komposit

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mengobati rasa ngilu bisa dilakukan perawatan syaraf gigi dan gigi di bentuk kembali agar terlihat normal dengan komposit

dewi mustikafani mengatakan...

selamat siang dok, beberapa wktu lalu saya pasan behel di tukang gigi,sekarang sudah 2 bulan. awalnya ingin memundurkan gigi yang agak maju, setelah saya tau kl pasang behel ke tukang gigi itu berbahaya saya ingin lepas karna takut efek kedepannya. apakah tidak apa apa jika saya copot? tetapi tidak pasang ulang ke dokter ortho krna keterbatasan biaya. apa yang harus saya lakukan dok?
apakah nanti setelah copot gigi saya akan kenapa-kenapa.
mohon pencerahan

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk dewi
Betul apa yang anda sampaikan untuk tidak melakukan perawatan orthodontic pada tukang gigi kalau tidak mau terjadi masalah di kemudian hari. Sebaiknya alat yang sudah terlanjur di pasang segera dilepas dan konsultasikan pada dokter gigi apakah perlu dilakukan perawatan orthodontic pasca pelepasan alat ortho yang di pasang oleh tukang gigi.

Sahala Sihombing mengatakan...

Dok, saya Sahala kalau biaya pasang implan berapa?
Trims

Sahala Sihombing mengatakan...

Saya Sahala Dok, kalau pasang implan berapa biayanya?
Trims

Harini Prasty mengatakan...

Dok, saya mau tanya! Sekarang kan lagi jamannya pasang gigi kelinci, saya tetarik untuk memasang bunny teeth walaupun sebetulnya gigi saya sudah rapi dan bagus cuma dua gigi depan kurang besar, apakah gigi kelinci bisa dipasang hanya dikedua gigi depan saja? Dan berapakah kira2 harganya? Terimakasih dokter.

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk sahala sihombing, biaya pemasangan implant gigi sekitar 10 s/d 12 jutaan.
Untuk harini prasty
Biaya pembuatan gigi kelinci sekitar 3 jutaan

Anonim mengatakan...

dok saya mau tanya. gigi bagian depan saya renggang serta agak maju itu bisa di rapikan dok? lalu untuk estimasi biaya berapa dok?
terima kasih

Anonim mengatakan...

Dok. Saya mau tanya. Apa benar kalau gigi geraham bergeser ke depan tidak bisa di rapihkan/ditarik lagi ke belakang ke posisi semula ?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Gigi renggang dan agak maju bisa diperbaiki dengan beberapa pilihan perawatan; antara lain perawatan orthodontic dan pembuatan veneer gigi. Dokter gigi harus melihat langsung kondisi klinisnya agar bisa memberikan pilihan terbaik untuk kasus tersebut di atas

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Gigi geraham yang terlanjur bergeser ke depan pada dasarnya bisa digerakan kembali kebelakang dalam batas-batas tertentu.

Sinar imut mengatakan...

Dok saya sinar 17 tahun mau nanya nih dok,jika gigi bolong bagian dpn antara gigi kanan dan kiri itu masih bisa di tambal ga dok

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Insha Allah masih bisa

Carin mengatakan...

Dok,diatas gigi kanan dan kiri saya gusi ny gede gitu padahal ga sakit? Warnanya sedikit putih? Apakah itu nantinya akan tumbuh gigi (gingsul) ?

putri cahyati mengatakan...

Dok mau tanya, gigi saya ini udh ompong dok geraham bagian atas. Tp masih ada sedikit gigi dok, dan skrg gusi saya terasa sakit banget dok sampai" pipi sayang bengkak. Baiknya di bagian yg ompong itu ditambal/dipasang gigi baru ya dok? Mohon dijawab

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk putri cahyati
Gigi yang terinfeksi sampai saluran akar bisa menyebabkan sakit dan pembengkaan pada gusi dan pipi. Apabila akar giginya masih bagus bisa dilakukan perawatan saluran akar + pemasangan pasak + mahkota porcelain. Namun apabila akar giginya sudah rusak bisa dilakukan pencabutan setelah infeksinya mereda. Setelah di cabut bisa di buatkan gigi palsu (silahkan membaca artikel tentang memilih gigi palsu)

Lyana Armelia mengatakan...

assalamu'alaikum
saya anna 16 tahun
dok saya mau tanya , gigi depan saya belakangnya berlubang (mungkin karies) kalau dilihat dari depan gigi saya hitam , bagaimana mengatasi gigi saya? apa yang harus saya lakukan? dan kira kira biayanya berapa ya dok? terimakasih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Waalaikum salam mbak anna
sepertinya giginya mengalami karies, untuk mengatasinya bisa ditambal dengan komposit

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Waalaikum salam mbak anna
sepertinya giginya mengalami karies, untuk mengatasinya bisa ditambal dengan komposit

Galih Ragil mengatakan...

Dok waktu umur 12 thn saya jatuh terus gigi saya yg depan patah separuh, cara mengatasi agar dapat kembali butuh biaya berapa dok?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

untuk galih ragil
gigi yang patah bisa diperbaiki kembali dengan pemasangan pasak dan dilanjutkan dengan mahkota porcalain. biaya sekitar 2 sampai 3 jutaan. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini 'perawatan sisa akar gigi'

farah misaki mengatakan...

dok gigi taring saya itu dibagian depan
sebagian aja kuningnya dok, nah itu termasuk karang gigi kah dok? tapi saya liat bagian gigi dekat gusinya gk warna kuning, dan bagian belakang gigi juga gk dok... itu kayak mana dok ngilanginnya dan biayanya berapa untuk 1 gigi itu dok?

Jack Sparaw mengatakan...

Sore dok, saya mau tanya, klo gigi graham saya ko bisa dobel ya dok, dan yg dobel itu berlubang dan membuat ngilu, klo d cabut da efek samping'a gx ya dok

Rina Astari mengatakan...

Dok saya rina, gigi saya berantakan tapi belum pernah dibehel, terus sekitar 3thn lalu kecelakaan dan gigi depan patah satu dan patah.a setengah kesamping,yg saya tanyakan bagaimana solusi utk gigi saya apa msh bisa dibehel dg kondisi tsb dan brp kira" biayanya? Terimakasih

Septi mengatakan...

Dok saya dian gigi dpan sya goyang ,pengencangan gigi itu berapa ya dok? Dan kalau tidak mengencangkan gigi itu apa reaiko ny dok ? ,terimkasih dok

meymey mengatakan...

Dok sy mau tanya.
Gigi depan saya ada 1 yg di crown.
Masalahnya gigi asliny emang sedikit maju gitu jd saat di crown jadinya juga sedikit maju.
Kalau mau di behel bisa rapi gak ya crown nya?

Anonim mengatakan...

Saya Adiani, 21 th. Dok mau konsultasi tentang gigi gingsul saya. Dulu pas umur 5th gigi seri central yg kiri saya tumbuh duluan sebelum gigi lamanya copot, jadi gigi barunya tumbuh menjorok kedalam, di liatnya kaya ompong pdhal gingsul. Saya pengen merapihkan gigi saya, kalo pake behel bisa ga ya donk, apakah harus di cabut dulu dan di buat gigi baru stelah itu di behel, atau gimana. Dan kisaran biayanya kira2 berapa.
Mohon jawabannya, terimakasih

Wulan Dari istiana mengatakan...

Dokter sya mau tanya kalau gigi graham pertama yah bawah sidah d cabut ..terus sya mau pasang bhel bsa ga ? Soalnya gigi yg depan kurang rapih

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

InshaAllah bisa, gigi geraham kedua bisa sebagai ganti untuk penjangkaran

citra riswinda mengatakan...

Dok umur saya 15 tahun kalau gigi depan sudah rusak atau bolon apakh masih bisa pakai behel

andri setia mengatakan...

Dok, perkenalkan nama saya andri tinggal di sidoarjo ini saya mau tanya. Dulu sewaktu saya masih umur 12 th saya pernah jatuh dari sepeda dan menyebabkan gigi depan saya patah. Lalu saya sekarang udah umur 22 nggak kerasa gigi saya lama" lubang nya semakin besar dan kini lebih dari separuh bagian, padahal saya rutin sikat gigi...

Yang saya ingin tanyakan ini musti di cabut apa di tambal, kalau di tambal apakah nanti bisa seperti semula.?
Trus kalau di tambal itu bisa tahan berapa lama dok.?
Oh iya dok, kira" biayanya berapa ya dok.?
Ditunggu ya dok balasanya....

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk mas andri
Gigi yang patah bisa diperbaiki dengan pemasangan pasak dan mahkota porcelain. InshaAllah hasilnya enak dipakai dan memuaskan estetiknya. Biaya sekitar 2 jutaan

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk citra
Untuk memastikan bisa tidaknya dilakukan perawatan orthodontic perlu pemeriksaan rongent dan dilihat kondisi klinisnya

Heri Febianto mengatakan...

Dok saya mau tanya, gigi saya depan sudah pakai porselen, la kemaren kecelekaan yang pakai porselen jadi patah setengah, jadi bagaimana jika ingin seperti dulu tidak ada patah?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk heri
Mahkota porcelain yang rusak bisa dilepas dan diganti dengan yang baru. Kalau mahkota giginya juga rusak maka perlu tambahan pasak

Anonim mengatakan...

Dok.. Saya vita.. Bagaimana memutihkan gigi kuning karena bawaan ?? Apakah dg bleaching sudah cukup dan berapa biayanya?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk vita
Untuk gigi yang kekuningan bisa dilakukan bleaching. Biaya sekitar 3 jutaan

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk vita
Untuk gigi yang kekuningan bisa dilakukan bleaching. Biaya sekitar 3 jutaan

Theresia mengatakan...

Dok, saya winda
Gigi depan saya itu udh pake gigi sarung dan ternyata gigi sarung nya itu udh goyang
Jd pertanyaan saya berapa biasanya biaya untuk memperbaiki agar gigi sarung saya itu gk goyang lagi dok dan bagaimana solusinya??

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Halo winda
Kalau mahkota selubung goyang harus dilihat dulu penyebabnya. Apabila goyangnya karena sisa mahkotanya patah bisa dibuatkan pasak + mahkota porcelain baru dengan catatan sisa akarnya madih bagus. Namun apabila goyangnya sampai ke bagian akar gigi (terjadi kerusakan pada bagian periodontal) sebaiknya dilakukan pencabutan gigi

«Paling tua ‹Lebih tua   201 – 260 dari 260   Lebih baru› Terbaru»