22 September 2008

Jawaban merly

Pertanyan merly:

dok,gigi saya banyak lubang halusnya..berantakan juga setelah gigi geraham belakang saya tumbuh. saya mau pasang kawat gigi dok, tlg ceritakan dok bagaimana proses kawat gigi saya nanti? apakah gigi geraham saya nantinya dicabut dok?

Drg. Agus Wiyandono:

Sebelum alat-alat cekat dipasang, maka seharusnya dilakukan pemeriksaan gigi-geligi secara umum. Setiap gigi yang berlubang harus sudah ditambal dengan baik sebelum alat-alat dipasang. Pemeriksaan jaringan periodontal (gusi) juga harus dilakukan, apabila ditemukan pembengkaan gusi atau karang gigi maka harus ditangani terlebih dahulu.

Masalah pencabutan gigi.

Pencabutan molar ketiga (geraham terakhir) jarang dilakukan karena alasan perawatan orthodontic. Gigi ini baru dicabut apabila ada indikasi sebagai berikut:

  1. Menyebabkan lubang pada molar kedua karena retensi makanan.
  2. Menyebabkan keradangan pada gusi (pericoronitis).
  3. Diperkirakan akan mengganggu perawatan orthodontia.
  4. Terlibat pada suatu kelainan patologis, misal kista.
  5. Terdapat keluhan neurologis, misalnya: cephalgia, migrain, pain lokal atau pain reffered

Kalaupun terpaksa dilakukan pencabutan gigi biasanya yang dicabut adalah geraham kecil (premolar). Dewasa ini seiring ditemukannya kawat gigi yang super elastis (misal: Heat-activated Thermaloy Niti) menyebabkan berkurangnya pencabutan gigi dalam perawatan orthodontic secara drastis. Namun yang paling penting adalah faktor usia, semakin muda umur pasien (terutama usia pertumbuhan) jarang sekali dilakukan pencabutan gigi. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar: