23 September 2014

Pemicu Kerusakan Gigi

Sumber gambar: www.nusantara.com

Menurut anjuran dokter gigi, beberapa makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena karena dapat memicu gangguan kesehatan gigi dan mulut balita.
  • Makanan berkadar gula tinggi karena gula mengundang dan meningkatkan bakteri di dalam mulut. Bakteri akan menguraikan gula menjadi asam yang akan mengikis gigi dan memicu timbulnya gigi busuk.
  • Makanan yang lengket karena akan menempel lama di gigi dan menyebabkan pembusukan gigi. Sekali pun sudah berkumur dan menggosok gigi, seringkali tetap ada partikel yang melekat di gigi.
  • Makanan yang asam, dapat meningkatkan kadar asam di dalam mulut dan mengikis enamel. Batasi pemberian jenis buah-buahan yang tergolong asam dan minum air putih untuk membersihkan.
  • Makanan rendah kalori karena tidak mengandung kadar vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat sehingga memperbesar risiko anak terserang gigi busuk dan penyakit gusi (sariawan).
  • Makanan yang porsinya diperbesar (supersized) karena dapat memicu gangguan pada persedian mulut akibat memaksakan mulut untuk terbuka lebih lebar saat menyantap makanan dengan ukuran yang diperbesar. Misalnya, hot dog dan hamburger. 
sumber : ayahbunda.co.id

Tidak ada komentar: