22 Oktober 2014

Memilih gigi palsu

Ada beberapa macam gigi palsu yang biasanya dibuat dokter gigi antara lain gigi palsu lepasan, gigi palsu cekat dan implant gigi. Pilih mana ? tergantung kasusnya.. berikut ini pilihan gigi palsu yang terbaik berdasarkan tempat kehilangan gigi.
1. Kehilangan semua gigi geraham
kalau semua gigi geraham kita hilang (istilah kedokteran giginya free end sadlle) sebaiknya menggunakan 'Unilateral Precision Attachment' atau implant gigi. Implant  gigi memerlukan prosedure bedah sehingga memerlukan biaya yang cukup besar serta waktu pemasangan yang lama (kurang lebih 2 bulan, menunggu implant menyatu dengan tulang baru dipasang gigi palsunya). Persyaratan untuk implant antara lain harus tersedia cukup sel tulang di sekeliling implat tersebut. Jika ternyata terdapat defisiensi/kurangnya volume tulang akibat proses penyusutan jumplah sel tulang yang terjadi sebelumnya, dokter bedah akan memberikan saran mengenai cara-cara meningkatkan jumplah/volume tulang untuk mengakomodasi implant tadi. Pilihan yang kedua yaitu Unilateral Precision Attachment, gigi palsu ini merupakan gabungan antara gigi palsu lepasan dan cekat. Dua gigi paling belakang di beri mahkota selubung dari porcelain (sebagai abutment) kemudian disambung dengan gigi akrilik melalui attachment yang dilapisi karet kusus yang berfungsi agar nyaman sewaktu dipakai mengunyah. Gigi palsu model ini cukup nyaman dipakai dan tidak terlalu beresiko dalam proses pembuatannya karena tidak ada prosedure bedah. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan attachment kurang lebih 1 minggu.
2. kehilangan gigi di mana didepan dan dibelakangnya masih ada gigi asli.
Untuk kasus ini hampir semua model gigi palsu bisa digunakan, mulai implant sampai gigi palsu lepasan bisa dipilih. Untruk kenyamanan implant dan gigi palsu cekat bisa menjadi  pertimbangan.

tag: memilih gigi palsu, gigi palsu yang nyaman dipakai, perawatan gigi palsu, prosedure pembuatan gigi palsu, gigi palsu murah, gigin palsu terbaik.

Tidak ada komentar: