24 Oktober 2014

PENTINGNYA MERAWAT GIGI SUSU

Orang tua sering menyepelekan kesehatan gigi susu pada anak-anak. Padahal gigi susu sama pentingnya dengan gigi dewasa dan juga harus dijaga dari berbagai macam penyakit. Setidaknya ada tiga alasan kenapa gigi susu harus di rawat rawat dengan benar.
  1. Anak sangat memerlukan banyak gigi susu untuk mengunyah makanan dan untuk senyum yang indah. Apabila gigi susu dibiarkan membusuk akan menyebabkan kemampuan mengunyah / melembutkan makanan menjadi berkurang dan berakibat buruk pada gizi anak. Dalam hubungan sosial anak-anak yang memiliki gigi membusuk (berlubang) dan mengeluarkan bau tidak sedap sering menjadi bahan ejekan teman-temannya sehingga anak menjadi kurang percaya diri.
  2. Apabila kondisi gigi susu anak jelek dan menyebabkan sakit gigi maka orang tua harus sering membawa si anak ke dokter gigi, ini artinya menambah biaya pengeluaran rumah tangga yang jumplahnya tidak sedikit.
  3. Apabila gigi susu terpaksa di cabut karena tidak dapat dipertahankan lagi maka akan timbul masalah pada lebar lengkung rahang. Gigi susu yang dicabut belum pada waktunya akan menyebabkan lengkung rahang menyempit dan berakibat gigi permanen tumbuh tidak beraturan karena kekurangan tempat. 
Jadi kesimpulanya jangan menyepelekan gigi susu (mentang-mentang akan ada gantinya) karena fungsi dan peranan gigi susu sama pentingnya dengan gigi permanen

Tidak ada komentar: