14 Juni 2016

Gigi Palsu yang Bagus dan Nyaman

Anda kehilangan gigi dan berniat membuat gigi palsu tapi masih bingung mau pilih gigi palsu jenis apa ?  semoga artikel berikut ini bisa membantu anda agar tidak salah memilih gigi palsu terbaik buat anda. Kita mulai dari dari paling nyaman dipakai.

      Urutan pertama gigi palsu  yang paling nyaman dipakai adalah implant gigi (dental implant). Implan gigi nyaman dipakai karena strukturnya mirip dengan gigi asli yaitu ada bagian yang tertanam dalam tulang rahang (berfungsi seperti akar gigi sesungguhnya) dan ada bagian yang kelihatan di atas gusi (seperti mahkota gigi) yang terbuat dari porcelain. Karena implan gigi tertanam dalam tulang maka ia berdiri sendiri tanpa mengganggu ataupun bertumpu pada gigi-gigi lainnya yang masih sehat. Selain kuat dan stabil dalam pengunyahan, implant gigi juga membuat pemakainya tidak kehilangan ‘rasa’ dari makanan yang dikunyahnya (pada jenis gigi palsu lepasan membuat pemakainya kehilangan ‘rasa’ dari makanan karena ada plat yang menutupi sebagian dari gusinya). Secara estetik implant gigi juga terlihat sangat alami dan tidak mengganggu pemakainya ketika sedang berbicara. Kekurangan dari implant gigi adalah biayanya lebih mahal dari  pada gigi palsu lainnya.




‘baca juga 'Artikel lengkap tentang implan gigi’



     Urutan kedua gigi palsu yang nyaman dipakai adalah jenis gigi palsu jembatan (dental bridge). Seperti namanya gigi palsu jenis ini dilekatkan ke gigi asli yang ada di antara gigi yang hilang.  Gigi asli dalam hal ini berfungsi sebagai penyangga dari gigi palsu sebagaimana sebuah jembatan yang harus disangga di dua sisi yang berbeda. Ini termasuk jenis gigi palsu cekat yang tidak bisa dilepas. Gigi palsu ini cukup nyaman dipakai karena stabil dalam pengunyahan dan pemakainya tidak kehilangan ‘rasa’ dari makan yang dikunyahnya.  Untuk membuat gigi palsu jenis ini (fixed bridge) dokter gigi akan mengasah /mengurangi ukuran gigi yang ada di sebelah gigi palsunya, ini merupakan salah satu kekurangan dari gigi tiruan jembatan (fixed bridge). Pengasahan gigi yang sehat tersebut bisa meningkatkan resiko trauma pada syaraf gigi sehingga akhirnya gigi tersebut memerlukan perawatan saluran akar. Usia rata-rata fixed bridge 10-12 tahun sebelum dilakukan perbaikan ulang.



Urutan ketiga adalah gigi palsu lepasan lepasan. Gigi palsu jenis ini dapat menggantikan satu atau beberapa gigi (partial denture) maupun seluruh gigi (full denture) baik di rahang atas atau rahang bawah. Gigi palsu bisa melekat di mulut kita dengan mengandalkan gigi-gigi asli yang tersisa dan support dari gusi. Namun apabila semua gigi sudah hilang (full denture)  perlekatan dibantu oleh seluruh permukaan gigi palsu dan seluruh gusi di bawah gigi palsunya. Gigi palsu jenis ini kurang nyaman dipakai karena sebagian atau seluruh gusi kita tertutup gigi palsu, ini yang menyebabkan pasien kehilangan ‘rasa’ dari makanan yang dikunyahnya. Gigi palsu lepasan juga kurang stabil dalam proses pengunyahan dan pasienpun butuh waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan gigi palsunya. Di awal pemakaian  biasanya pasien juga agak terganggu bila sedang  berbicara (suara menjadi  ‘cedal’).


Tidak ada komentar: