22 Mei 2016

IMPLAN GIGI solusi kehilangan gigi

Dental implant merupakan perawatan gigi modern untuk menggantikan gigi yang hilang. Implant gigi terlihat alamiah (natural) mirip dengan gigi aslinya karena benar-benar tertanam dalam tulang rahang. Ini disebabkan karena titanium (bahan implant gigi) mempunyai kemampuan unik untuk menyatu dengan tulang hidup (osseo-inegrate). Kemampuan Osseo-inegrate ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ahli bedah orthopedic dari swedia pada tahun 1952. Selanjutnya banyak penelitian dan pengujian dibidang medis sehingga untuk pertama kali digunakan secara klinis di tahun 1970. Sejak itu banyak perbaikan dilakukan di bidang  implant gigi. Sekarang jutaan orang diseluruh dunia telah memakai implant gigi dan merasakan kualitas hidupnya menjadi lebih baik.



APA YANG DI MAKSUD DENGAN IMPLANT GIGI ?

Untuk memahami dental implant, pertama kita harus melihat gigi asli terlebih dahulu. Gigi asli kita terdiri dari dua  bagian: 1. Mahkota gigi, yaitu bagian gigi yang terlihat di atas gusi, dan 2. Akar gigi, yaitu bagian gigi yang tidak terlihat karena tertanam di dalam tulang rahang. Implant gigi merupakan pengganti dari akar gigi yang hilang yang tertanam di dalam  tulang rahang. Di atas implant ini selanjutnya dipasang mahkota dari porcelain sehingga nampak seperti gigi asli.

BAGAIMANA PROSEDUR PEMASANGAN IMPLANT GIGI ?

Operasi pemasangan implant gigi dilakukan dengan anestesi local sebagaimana kalau pasien akan cabut gigi. Selama pemasangan implant anda akan merasakan getaran kecil di tulang rahang. Tidak ada luka terbuka setelah pemasangan implant karena termasuk minimalyl invasive surgery. Akan ada sedikit ketidaknyamanan setelah operasi pemasangan implant yang dapat diatasi dengan pemberian obat analgesic.
Sebuah implant tunggal (single implant) biasanya memerlukan waktu dua sampai empat bulan untuk menyatu dengan tulang sebelum dipasang mahkota. Waktu penyembuhan tergantung pada kepadatan tulang di tempat gigi yang hilang, yang lebih padat tulangnya, semakin cepat proses intregrasinya. Setelah proses intregasinya sempurna (menyatunya implant dengan tulang) dokter gigi akan memasang mahkota porcelain di atas implant sehingga terlihat dan berfungsi persis dengan gigi asli.

APAKAH SAYA BISA MEMAKAI IMPLANT GIGI ?

Dokter gigi akan melihat volume dan kepadatan tulang di mana implant akan dipasang, karena implant membutuhkan dukungan tulang yang cukup. Akan tetapi apabila pasien mengalami kekurangan volume tulang dokter gigi akan melakukan ‘simple bone regeneration techniques’ terlebih dahulu untuk meningkatan volume tulang yang akan mendukung implant agar bisa bertahan lama.

BAGAIMANA DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN IMPLANT ?

Hasil riset dan studi klinis mengindikasikan tingkat keberhasilan implant gigi lebih dari 95%,  bahkan di daerah yang kepadatan tulangnya rendah. Setelah implant gigi menyatu dengan tulang , implant dapat berfungsi sampai seumur hidup.

Apakah ada perawatan khusus setelah seseorang memakai implant gigi ?

Implant gigi tidak memerlukan perawatan khusus, cukup perawatan sebagaimana gigi asli yaitu menyikat gigi setiap hari, flossing dan kontrol rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gusi di sekitar implant gigi.

Dokter gigi akan secara berkala memeriksa implant gigi anda untuk memastikan semuanya sehat dan stabil agar bisa bertahan lama.

Users found this page by searching:
Biaya implant gigi 2016, pasang implant gigi surabaya, pasang implant gigi depan, implant gigi depan, dokter gigi implant surabaya, implant gigi murah

Users found this page by searching:
Implan gigi di surabaya, pasang implan gigi depan, biaya implan gigi 2016, harga implan gigi, pasang gigi implan, implan gigi murah

2 komentar:

Hana Alifah mengatakan...

hallo dok... saya mau tanya, kalau Imolant gigi depan , dua gigi, kira-kira harganya berapa ya?

Drg. Agus Wiyandono mengatakan...

Untuk hana alifah
Harga implant gigi sekitar 10 jt/gigi