23 Mei 2016

MEMILIH GIGI PALSU

Untuk menggantikan gigi yang hilang bisa dulakukan dengan berbagai cara :

1. IMPLANT GIGI (DENTAL IMPLANT)

Gigi palsu jenis implant merupakan pilihan utama karena pertama , faktor kenyamanan yang hampir

menyerupai gigi asli, kedua implant mamppu bertahan lama di dalam rongga mulut sehingga pasien tidak perlu membuat gigi palsu berulang kali, ketiga stabilitas yang baik dalam proses pengunyahan dan yang keempat implant gigi (dental implant) merupakan satu-satunya gigi palsu yang mampu menjaga kesehatan tulang rahang dari resorpsi tulang alveolaris yang biasanya terjadi terus menerus apabila kita kehilangan sebuah gigi. Untuk informasi lebih lengkap silahkan ‘klik’ link berikut ini “IMPLANT GIGI solusi pengganti gigi yang hilang”



2. GIGI PALSU NON IMPLANT


Pertama adalah Gigi tiruan jembatan (dental bridge). Seperti namanya gigi palsu jenis ini dilekatkan ke gigi asli yang ada di antara gigi yang hilang.  Gigi asli dalam hal ini berfungsi sebagai penyangga dari gigi palsu sebagaimana sebuah jembatan yang harus disangga di dua sisi yang berbeda. Ini termasuk jenis gigi palsu cekat yang tidak bisa dilepas. Untuk membuat gigi palsu jenis ini (fixed bridge) dokter gigi akan mengasah /mengurangi ukuran gigi
yang ada di sebelah gigi palsunya, ini merupakan salah satu kekurangan dari gigi tiruan jembatan (fixed bridge). Pengasahan gigi yang sehat tersebut bisa meningkatkan resiko trauma pada syaraf gigi sehingga akhirnya gigi tersebut memerlukan perawatan saluran akar. Usia rata-rata fixed bridge 10-12 tahun sebelum dilakukan perbaikan ulang.



Jenis gigi palsu kedua non implant adalah ‘gigi tiruan lepasan’ atau removable denture. Gigi palsu jenis ini dapat menggantikan satu atau beberapa gigi (partial denture) maupun seluruh gigi (full denture) baik di rahang atas atau rahhang bawah. Gigi palsu bisa melekat di mulut kita dengan mengandalkan gigi-gigi asli yang tersisa dan support dari gusi.





Namun apabila semua gigi sudah hilang (full denture)  perlekatan dibantu oleh seluruh permukaan gigi palsu dan seluruh gusi di bawah gigi palsunya. Gigi palsu jenis kurang nyaman dipakai karena sebagian atau seluruh gusi kita tertutup gigi palsu. Pasien butuh waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan gigi palsunya. Di awal pemakaian  biasanya pasien juga agak terganggu bila sedang  berbicara (suara menjadi  ‘cedal’).



tag:
memilih gigi palsu, biaya gigi palsu, gigi palsu terbaik

Tidak ada komentar: